Senin, 16 November 2015

Teknik Pengereman yang Baik dan Aman Saat Mengemudikan Mobil

Rem adalah bagian terpenting dari sebuah kendaraan bermotor, karena fungsinya untuk mengendalikan dan menghentikan laju kendaraan, pada mobil, rem dikendalikan dengan pedal dan tuas rem.


Demi keselamatan dan kenyamanan saat berkendaraan, ada 3 poin yang harus diperhatikan saat melakukan pengereman, yaitu:


1. Injaklah pedal rem secara halus


Menginjak pedal rem yang mendadak dapat memungkinkan rem mengunci roda. Ini sangat berbahaya karena akan menyulitkan pengemudi dalam kontrol arah mobil. Bagi pengendara yang mobilnya dilengkapi dengan sistem ABS ( Anti Lock Braking System ), roda terkunci sebagai akibat dari pengereman tidak akan terjadi bila kondisi ABS normal. Meskipun telah dilengkapi ABS, sebaiknya menginjak pedal rem tidak secara mendadak, kecuali objek di sekitar kita muncul tiba-tiba sehingga kita harus secara cepat mengurangi atau menghentikan laju kendaraan.


2. Jangan menekan pedal kopling secara penuh.


Saat menginjak pedal rem, sama dengan poin satu, jika pedal kopling diinjak secara penuh, efek engine brake menjadi tidak ada dan kita juga akan kesulitan mengendalikan laju kendaraan, ini hanya berlaku pada mobil yang nenerapkan sistem transmisi manual.


3. Bantu pengereman dengan menggunakan engine brake


Selain menginjak pedal rem, setelah kecepatan kendaraan turun, lakukan juga penurunan perseneling/ gigi transmisi ke gigi yang lebih rendah. Engine brake membantu kita untuk menghemat kanvas rem. Menurunkan persneling ke gigi yang lebih rendah, tentunya tidak bisa dilakukan pada mobil matic karena gigi transmisi sudah berpindah secara otomatis sesuai putaran mesin, sehingga engine brake sangat minim didapat.


Selain dari 3 poin di atas, yang paling penting sebagai pengemudi, kita harus menjaga jarak iring aman agar terhindar dari tabrakan atau benturan di jalan. Usahakan tetap mengontrol diri saat melakukan pengereman, terutama saat mendadak. Proses pengereman akan optimal apabila kondisi pengemudi tidak panik.




UTAMAKAN KESELAMATAN DI SETIAP AKTIVITAS KERJA




Sumber: Safety Flash edisi 18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar